5 Cara Jitu Mengatasi PC Restart Sendiri Saat Bermain Game

5 Cara Jitu Mengatasi PC Restart Sendiri Saat Bermain Game – Terutama bagi kita yang dalam kesehariannya selalu mengandalkan sebuah perangkat seperti PC atau laptop dalam menunjang aktivitas kita sehari-hari tentunya PC atau komputer sangatlah kita dibutuhkan. Dan seperti kita ketahui didalam perangkat PC pun tentunya sudah menyediakan aplikasi game yang mana hal itu sering digunakan oleh para penggunanya sebagai sarana hiburan atau bahkan ada juga yang memang dalam kesehariannya tidak bisa lepas dari yang namanya game. Apalagi dijaman yang serba canggih seperti sekarang ini, sudah banyak sekali bermunculan aplikasi-aplikasi game terbaru dan menarik yang bisa diinstal pada perangkat PC.

Dengan banyak aplikasi game yang terinstal diperangkat PC kita, tentunya akan membuat para penggunanya menjadi semakin asyik melakukan aktivitas gaming, bahkan tidak jarang dari mereka yang setiap harinya menghabiskan waktunya untuk bermain game di depan PC atau laptop. Meskipun memang bermain game di PC merupakan suatu kegiatan yang sangat menyenangkan, terlebih bagi mereka yang hobi gaming, namun ada kalanya mereka juga mengalami masalah dimana saat asyik bermain game, tiba-tiba PC yang digunakan restart sendiri ataupun mati sendiri, tentunya hal ini sangatlah menjengkelkan.

Nah, terkait masalah PC restart sendiri saat bermain game, berikut ini kami berikan beberapa cara yang bisa anda lalukan saat mengalami masalah tersebut.

Cara Mudah Mengatasi PC Restart Sendiri Saat Bermain Game

Mengatasi PC Restart Sendiri Saat Bermain Game

Mengatasi PC Restart Sendiri Saat Bermain Game

 

  1. Lakukan Pengecekan Pada VGA.

Biasanya penyebab PC restart sendiri saat bermain game adalah karena adanya masalah pada VGA di PC anda. Maka dari itu, cobalah melakukan pengecekan VGA. Umumnya permasalahan pada VGA. Namun perlu diingat VGA yang dimaksud disini bukan VGA onboard. Cara mengeceknya yaitu dengan membersihkannya dengan kuas. Karena bisa jadi VGA di PC anda tersebut sudah kotor ataupun berkarat, sehingga membuat VGA tidak berjalan maksimal yang mengakibatkan PC restart sendiri saat dipakai bermain game.

Akan tetapi untuk VGA eksternal biasanya penyebabnya karena mengalami overheat, jadi sebaiknya anda segera menggantinya. Akan tetapi jika ternyata masalahnya bukan pada kipasnya, anda bisa mengatasi dengan menggunakan thermal paste supaya VGA bisa bekerja dengan maksimal dan tidak mengalami panas yang berlebih.

  1. Lakukan Pengecekan Pada RAM.

Salah satu cara mengatasi PC restart sendiri saat bermain game adalah dengan melakukan pemeriksaan RAM di PC yang anda gunakan, untuk memastikan apakah RAM di PC anda tersebut sudah kotor atau bahkan sudah karatan. Apabila memang demikian, yang perlu anda lakukan yaitu dengan membersihkannya menggunakan kuas atau bisa juga memakai penghapus dengan cara menggosokannya pada bagian RAM yang kotor atau berkarat tadi.

Setelah selesai membersihkannya, anda bisa kembali menghidupkan PC anda, dan cobalah gunakan untuk menjalankan game. Namun apabila ternyata cara ini belum berhasil, seperti memang anda harus mengganti RAM tersebut atau bisa juga dengan menambah kapasitasnya, agar PC anda bisa kembali berjalan normal saat dipakai bermain game.

  1. Lakukan Pengecekan Prosesor.

Komponen hardware pada sebuah perangat PC atau smartphone memiliki fungsi sebagai otak permesinan. Jadi, apabila prosesor ini mengalami overheating, tentunya PC harus diistirahatkan terlebih dulu untuk mendinginkan suhu panas pada prosesor. Karena jika dipaksakan, bisa menyebabkan PC restart sendiri, baik itu aktivitas gaming maupun aktivitas lainnya.

Bagi anda yang sering melakukan aktivitas gaming di PC, kami menyarankan sebaiknya anda menggunakan prosesor dengan kecepatan diatas 3.0 GHz. Hal ini tentunya untuk mencegah agar PC tidak restart sendiri saat sedang menjalankan game.

  1. Lakukan Pengecekan Pada Aplikasi.

Dari beberapa sistem operasi seperti misalnya Windows, Linux, Mac yang dijalankan pada sebuah perangkat PC, umumnya tidak semua sistem operasi tersebut sudah mendukung segala jenis aplikasi game atau aplikasi lainnya. Jadi, apabila PC anda sering mengalami restart sendiri saat sedang menjalankan aplikasi, kemungkinan penyebab adalah dikarenakan sistem operasi yang dijalankan pada perangkat PC anda belum support terhadap aplikasi tersebut.

Untuk mengatasinya yaitu dengan menginstal ulang perangkat PC anda. Selain itu penyebab lain PC restart sendiri bisa juga dikarenakan ada program atau aplikasi yang mengalami error atau crash. Jika memang demikian,  anda bisa mengatasinya dengan cara menginstal ulang atau melakukan update pada aplikasi yang error tersebut.

  1. Lakukan Pengecekan Pada Power Supply.

PSU atau sering disebut sebagai power supply ini merupakan salah satu bagian penting dalam sebuah perangkat PC. Fungsi dari power supply adalah untuk menyalurkan daya pada seluruh komponen di PC. Apabila konsumsi daya yang dibutuhkan PC mencapai 700 watt, namun anda hanya menggunakan power supply dengan kapasitas daya 450 watt, bisa dipastikan hal inilah yang menjadi salah satu penyebab PC anda sering restart sendiri saat bermain game. Cara untuk mengatasinya adalah dengan menggantinya dengan power supply baru yang sesuai dengan kebutuhan daya yang dibutuhkan.

Demikian tadi beberapa cara mengatasi PC restart sendiri saat bermain game. Tentunya dengan menerapkan beberapa cara tadi, anda sekarang akan bisa mengatasi PC restart sendiri dengan mudah, tanpa perlu mengandalkan jasa service komputer.

Leave a Reply

Cara Download Lagu MP3 Tanpa Aplikasi di Android
5 Aplikasi Video Concerter untuk HP Android Terbaik
Cara Mengatasi HP Lemot
5 Cara Mengatasi HP Lemot Dalam Sekejab
Hp Dual Kamera Murah
6 Hp Dual Kamera Murah di Akhir 2017
Cara Download Lagu MP3 Tanpa Aplikasi di Android
cara mengatasi jaringan lemot
5 Cara Mengatasi Jaringan Lemot
Cara Mengatasi Windows Error Recovery
Cara Mengatasi Windows Error Recovery
Cara Mengatasi Windows Script Host
Cara Mengatasi Windows Script Host Error yang Benar
Tak Punya KTP Begini cara Registrasi SIM Card Pengguna
asus zenfone 4 gong yoo
Tatjana Saphira dan Gong Yoo ASUS ZenFone 4 Selfie Brand Ambassador
Urutan Prosesor Intel Terbaik
Urutan Prosesor Intel Terbaik Untuk Gaming dan Desain Grafis
Timeline Kedua, Fitur Baru yang ‘Disembunyikan’ Facebook